Sukses

Dampak Kekeringan, Tiap Hari Warga Kebumen Cari Air ke Atas Bukit

Meski telah menemukan sumber air, pengambilan air harus sedikit demi sedikit agar tidak keruh.

Liputan6.com, Kebumen - Kekeringan melanda wilayah Jawa Tengah. Setiap hari warga Desa Totogan, Kecamatan Karangsambung, Kebumen, Jawa Tengah, berjalan kaki naik bukit untuk mendapatkan air bersih. Meski telah menemukan sumber air, pengambilan air harus sedikit demi sedikit agar tidak keruh.

Seperti ditayangkan Liputan 6 Siang SCTV, Selasa (28/7/2015), selain digunakan untuk mencuci pakaian, tempat yang merupakan satu-satunya harapan dan sisa sumber mata air tersebut juga dikonsumsi untuk air minum dan memasak.

Di Temanggung, Jawa Tengah, lahan pertanian sudah tak bisa lagi ditanami. Sejak musim kemarau selama beberapa bulan terakhir tanah sawah terlihat kering dan retak-retak.

Hal yang sama juga terjadi di Kecamatan Pabuaran, Subang, Jawa Barat. Tanaman padi mati akibat kekeringan. Para petani tak dapat berbuat banyak, lantaran saluran irigasi telah mengering.

Sebagian petani terpaksa memangkas batang padi usia muda yang mulai mati untuk makanan ternak. Akibat musibah ini, kerugian petani mencapai jutaan rupiah.

Para petani yang terkena dampak kekeringan terpaksa mencari pekerjaan lain, seperti menjadi kuli bangunan untuk kelangsungan hidup keluarga mereka. (Dan/Mut)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini