Sukses

Musim Kemarau, Hutan di Riau dan Jambi Terbakar

Akibat panas saat musim kemarau saat ini, hutan di wilayah Riau, Jambi, dan Situbondo terbakar.

Liputan6.com, Riau - Asap membubung tinggi ke udara hasil dari kebakaran hutan di Riau. Titik api terus meluas meliputi 12 kabupaten dan kota.

Seperti ditayangkan Liputan 6 Malam SCTV, Kamis (30/7/2015), kebakaran hutan dan lahan gambut di Kabupaten Pelalawan yang terparah. Di wilayah itu terdapat 40 titik api dengan luas area yang terbakar mencapai ratusan hektar.

Meningkatnya titik api disertai kepulan asap membuat kualitas udara di Pekanbaru kian menurun dari sedang menjadi tidak sehat, sementara jarak pandang 800 sampai 1.000 meter. Meski demikian, para warga masih tetap melakukan aktivitas di luar ruangan.

Kebakaran juga terjadi dan menghanguskan lahan Pemerintah Kabupaten Muarojambi, Jambi dan masyarakat. Api yang membakar 20 hektare lahan ini nyaris merambat ke Kompleks Perkantoran Kabupaten Muarojambi.

Api juga menghanguskan kebun sawit milik warga. Petugas yang menggunakan mobil pemadam kebakaran kesulitan menjinakkan api dan petugas hanya menahan api agar tidak meluas ke pemukiman penduduk.

Sementara itu di Situbondo, Jawa Timur dampak kekeringan mengakibatkan hutan jati milik warga terbakar. Kondisi lahan hutan jati yang kering membuat api cepat membesar. Para warga yang lahannya terbakar berusaha untuk memadamkan api dengan menggunakan ranting pohon.

Titik api yang membakar hutan jati sering berpindah lokasi. Api dengan cepat membakar perkebunan jati yang paling kering. Sejauh ini belum ada upaya penanganan untuk memadamkan api dari Dinas Pemadam Kebakaran, padahal lokasi kebakaran mudah dijangkau oleh mobil pemadam kebakaran. (Vra/Ans)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini