Sukses

Protes Proyek Waduk Jatigede, Budayawan Gelar Ruwatan

Ruwatan dan unjuk rasa damai ini merupakan bentuk penolakan mereka atas rencana-rencana pemerintah memulai penggenangan Waduk Jatigede.

Liputan6.com, Bandung - Di bawah terik matahari, para budayawan Sunda menggelar ruwatan di depan Kantor Gubernur Jawa Barat yang berada di Bandung, kemarin atau Kamis 30 Juli 2015.

Seperti ditayangkan Liputan 6 Pagi SCTV, Jumat (31/7/2015), ruwatan dan unjuk rasa damai ini merupakan bentuk penolakan mereka atas rencana-rencana pemerintah memulai penggenangan Waduk Jatigede.

Pemerintah dinilai tidak memikirkan dampak sosial dari pembangunan waduk serta menutup mata jika tetap dilakukan. Hal itu dikarenakan jika pembangunan waduk tetap dilakukan nantinya akan menenggelamkan situs budaya dan makam raja-raja Sunda.

Warga pun berharap pemerintah bisa mempertimbangkan lagi keputusan yang sudah diambilnya.

Semula, rencana penggenangan Waduk Jatigede akan dilaksanakan 1 Agustus 2015 besok, namun rencana itu ditunda. Meski ditunda, para budayawan Sunda menyatakan akan melanjutkan aksi mereka menolak penggenangan Waduk Jatigede. (Vra/Ans)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.