Sukses

Abu Gunung Raung Rusak Ratusan Hektare Kebun Jeruk

Tidak sedikit buah jeruk menjadi layu dan jatuh serta cenderung kering dan tidak manis akibat guyuran abu vulkanik Gunung Raung.

Liputan6.com, Jember - Ratusan hektare pohon jeruk siap panen di Jember, Jawa Timur rusak akibat guyuran abu vulkanik Gunung Raung.

Selain batang pohon mengering, seperti ditayangkan Liputan 6 Pagi SCTV, Jumat (31/7/2015), tidak sedikit  buah jeruk menjadi layu dan jatuh. Selain itu buah jeruk pun cenderung kering dan tidak terasa manis. Kini harapan para petani menikmati hasil kerjanya sirna.

Erupsi Gunung Raung kini masih terus terjadi, kendati demikian ketinggian lontaran vulkanik material menunjukkan penurunan. Hal ini tentunya menimbulkan harapan, karena aktivitas vulkanik Gunung Raung berangsur turun. Apalagi skala amplitudo gempa tremor juga menurun.

Kendati menunjukkan penurunan hingga saat ini Gunung Raung masih tetap dalam status Siaga. Warga juga masih dilarang beraktivitas pada radius 3 kilometer dari puncak gunung. (Mar/Sss)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.