Sukses

Kebakaran Lahan Gambut, Pemprov Sumsel Tabur 80 Ton Garam

Jumlah titik api atau hotspot di lahan gambut di Sumatera Utara dalam sepekan terakhir mencapai 80 titik api.

Liputan6.com, Palembang - Kondisi lahan hutan di Sumatera Selatan yang kering dan rawan kebakaran saat kemarau panjang membuat pemerintah provinsi terus berupaya membuat hujan buatan. Meski demikian, masih ada puluhan titik api di sejumlah lahan gambut.

Seperti ditayangkan Liputan 6 Siang SCTV, Jumat (31/7/2015), selain menanggulangi kebakaran hutan lewat darat, Dinas Kehutanan dan Badan Penanggulangan Bencana Daerah Provinsi Sumatera Selatan melakukan upaya menebarkan garam lewat udara. Sebab jumlah titik api atau hotspot di lahan gambut dalam sepekan terakhir mencapai 80 titik api.

Kondisi lahan Sumatera Selatan masuk dalam kategori merah atau sangat kekeringan yang dapat membahayakan karena sangat mudah terbakar. 80 Ton garam ditaburkan di awan secara bertahap sejak 10 Juli lalu. Targetnya, nol titik api alias tak ada kebakaran.

Lewat darat, upaya yang dilakukan dalam mengatasi kebakaran hutan adalah membuat kanal-kanal air agar bisa digunakan helikopter melakukan water booming lewat udara ke area yang terbakar. (Nda/Yus)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini