Sukses

Kebakaran Lahan di Riau Hanguskan Perkebunan Sawit dan Karet

Sejauh ini kebakaran di Riau telah melalap setidaknya 1.600 hektare lahan.

Liputan6.com, Pekanbaru - Kebakaran lahan di Riau masih terus terjadi antara lain di Kecamatan Dayun, Siak Sri Indrapura. Api membakar perkebunan sawit dan karet, setelah sebelumnya menghanguskan lebih 100 hektare lahan milik pemda.

Seperti ditayangkan Liputan 6 PagiSCTV, Mnggu (3/08/2015), petugas pemadam pun bekerja dengan teliti, karena meski api membakar lapisan gambut yang ada di dalam tanah, sehingga kebakaran tidak kelihatan di permukaan tanah.

Untuk mencegah agar kebakaran tidak meluas, petugas juga membasahi lahan yang diperkirakan akan menjadi daerah lintasan api. Untuk upaya ini regu pemadam membutuhkan air dalam jumlah yang banyak.

Upaya pemadaman ini sulit dikendalikan karena pada musim kemarau seperti sekarang, kanal-kanal yang menjadi penyimpanan air di areal perkebunan sudah mengering.

Dengan kesulitan mendapatkan sumber air, sejauh ini kebakaran di Riau telah melalap setidaknya 1.600 hektare lahan. Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Riau, menyebutkan sejauh ini belum semua titik api berhasil dipadamkan. (Dan/Ans)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini