Sukses

Jendela Dunia: Kebakaran Hutan Melanda Amerika dan Australia

Terdeteksi 23 titik api besar yang memaksa ratusan warga di sekitar lokasi untuk mengungsi.

Liputan6.com, California - Kebakaran hutan melanda California Utara, Amerika Serikat, dan New South Wales, Australia. Warga setempat terpaksa mengungsi. Berita ini mengawali Jendela Dunia yang ditayangkan Liputan 6 Petang SCTV, Senin (3/8/2015).

Api melalap kawasan hutan dan semak di California Utara. Terdeteksi 23 titik api besar yang memaksa ratusan warga di sekitar lokasi untuk mengungsi.

9 Ribu petugas pemadam kebakaran dikerahkan dari darat dan udara untuk mengendalikan dan memadamkan api. Kebakaran hutan ini juga memicu Gubernur California mengumumkan situasi darurat.

Kebakaran hutan juga melanda warga Wenworth Falls, New South Wales. Kondisi ini mengancam wilayah Kota Blue Mountains yang berjarak 90 km sebelah barat Sydney. Ratusan petugas pemadam dikerahkan termasuk helikopter yang membawa bom air.

Di Malaysia, Menteri Transportasi Malaysia Liow Tiong Lai mengonfirmasi bagian sayap pesawat yang ditemukan di Pulau Reunion dari pesawat Boeing 777. Namun belum dipastikan benar tidaknya potongan badan pesawat itu milik Malaysia Airlines MH370 yang hilang 8 Maret 2014.

Bagian sayap pesawat itu kini masih dalam penyelidikan otoritas Prancis dan Malaysia.

Sementara di Inggris, sebuah pesawat tempur Spitfire Inggris terpaksa mendarat darurat sesaat setelah tinggal landas dari landasan Biggin Hill. Pesawat tempur kuno itu sebenarnya tengah mengikuti program uji terbang di Bandara Bromley, Kent. Namun akibat insiden ini, pesawat tempur tua itu tak dapat mengikuti uji terbang. (Nda/Sss)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini