Sukses

Korban Kebakaran Pasar Gembrong Mengais Pakaian di Reruntuhan

Samiatun salah satunya. Sambil menggendong anak balitanya ia mencoba mengumpulkan pakaian yang tidak terbakar di lemari.

Liputan6.com, Jakarta - Pascakebakaran yang melanda kawasan Pasar Gembrong, Jakarta Timur, Selasa malam, puluhan warga yang rumahnya ikut ludes terbakar mengais barang-barang tersisa yang masih bisa diselamatkan.

Samiatun, salah satunya. Sambil menggendong anak balitanya, seperti ditayangkan Liputan 6 Siang SCTV, Rabu (5/8/2015), satu per satu pakaian yang tidak terbakar di lemari ia kumpulkan. Sementara putri pertamanya yang masih duduk di bangku kelas 2 SD turut membantu mencari seragam sekolah yang mungkin masih terselamatkan.

Warga sekitar menduga, kuatnya api yang menghanguskan 40 rumah dan 9 kios mainan itu berasal dari kolong jembatan yang kerap jadi lokasi berjudi.

Kobaran api dengan cepat membakar puluhan rumah dan kios di Pasar Gembrong, Jalan Basuki Rahmat, Jatinegara, Jakarta Timur. Upaya warga memadamkan api dengan peralatan seadanya dan memanfaatkan air yang ada di kali.

Itu pun tidak banyak membantu. Setelah belasan unit mobil damkar tiba di lokasi, api baru bisa dikuasai. Namun karena lokasi kebakaran berada di permukiman padat, api baru bisa dipadamkan 2 jam kemudian. Diduga kebarakan yang menghanguskan puluhan rumah itu disebabkan karena hubungan arus pendek listrik. (Mar/Yus)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.