Sukses

Bendi Pustaka Tua, Bangkitkan Semangat Baca Anak-anak Polewali

Seorang pemuda menciptakan gerakan semangat membaca dengan menyulap sebuah delman tua menjadi bendi pustaka.

Liputan6.com, Polewali Mandar - Seorang pemuda menciptakan gerakan semangat membaca dengan menyulap sebuah delman tua menjadi bendi pustaka.

Delman atau bendi lazimnya digunakan sebagai alat transportasi. Namun Muhammad Rahmat menyulapnya menjadi perpustakaan keliling di Polewali Mandar, Sulawesi Barat.

"Menyebarkan minat baca kepada anak-anak," kata Rahmat, pengelola bendi pustaka, seperti ditayangkan Liputan 6 Siang SCTV, Rabu (5/8/2015).

Setiap bendi tua Rahmat datang, anak-anak langsung menyerbu untuk mencari buku favoritnya. Buku-buku ini berasal dari sumbangan para dermawan yang peduli dengan gerakan membaca ala Rahmat.

Tak hanya membawa koleksi buku, ia juga membawa calong dan kecapi untuk dimainkan anak-anak. Dengan begitu kesenian tradisional Polewali Mandar yang terancam punah sekaligus bisa dilestarikan. (Mar/Yus)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.