Sukses

Jelang HUT RI, Warga Solo Balap Karung Bertopeng Tokoh Nasional

7 Tokoh nasional terlibat aksi kejar-kejaran, berlari menggunakan karung untuk menjadi yang tercepat menyentuh garis finish.

Liputan6.com, Solo - Peringatan Hari Kemerdekaan 17 Agustus memang masih satu pekan lagi. Namun sejumlah warga Solo, Jawa Tengah memanfaatkan hari bebas kendaraan pada Minggu pagi untuk menggelar berbagai lomba.

Salah satunya adalah lomba balap karung. Uniknya, para peserta mengenakan topeng berbagai tokoh nasional, termasuk topeng almarhum Abdurahman Wahid atau Gus Dur.

Seperti ditayangkan Liputan 6 Pagi SCTV, Senin (10/8/2015), sebelum aksi dimulai, para peserta memakai topeng-topeng sejumlah tokoh nasional seperti topeng Presiden Jokowi, Gubernur Jakarta Ahok, Menteri Kelautan Susi Pujiasti, hingga almarhum Gus Dur atau Abdurahman Wahid.

Dan lomba pun dimulai setelah pimpinan lomba memberi aba-aba. 7 Tokoh nasional terlibat aksi kejar-kejaran, berlari menggunakan karung untuk menjadi yang tercepat menyentuh garis finish melahap lintasan di Jalan Slamet Riyadi, Solo.

Dalam lomba balap karung memperingati 70 tahun Indonesia merdeka ini, keluar sebagai pemenang peserta dengan topeng Presiden Jokowi, dilanjutkan Susi Pujiastuti dan terakhir Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok.

Peserta aksi mengaku cukup senang dengan kegiatan ini meskipun mereka mengaku kesulitan dalam berlomba karena selain tidak berlatih, lomba semacam ini hanya ada setahun sekali. (Nda/Ado)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.