Sukses

Garut Kekeringan, Sawah di Deli Serdang Kebanjiran

Saat beberapa wilayah di Indonesia mengalami kekeringan, hal berbeda terjadi di Deli Serdang, Sumatera Utara yang justru kebanjiran.

Liputan6.com, Deli Serdang - Musim kemarau panjang masih melanda beberapa daerah, salah satunya adalah di wilayah Garut, Jawa Barat. Musim kemarau panjang mengakibatkan irigasi di Desa Ciparigi, Banyuresmi mengering.

Seperti ditayangkan Liputan 6 Malam SCTV, Rabu (12/8/2015), tidak ada lagi air yang biasa memasok areal pertanian. Kekeringan di Irigasi Cipagiri telah berlangsung selama 3 bulan. Para petani juga membiarkan sawah mereka ditumbuhi oleh rerumputan karena tidak lagi bisa ditanami padi atau palawija.

Situasi berbeda terjadi di Deli Serdang, Sumatera Utara. Banjir melanda wilayah hamparan Perak, Deli Serdang. Banjir terjadi akibat jebolnya tanggul Sungai Disky yang merupakan sumber air bagi areal persawahan.

Pertanian milik warga terendam air hingga mencapai 1,5 meter. Guna menghindari kerugian  lebih besar, para petani terpaksa memanen lebih awal. "Daripada tidak bisa diambil, terpaksa diambil. Kalau tidak diambil, nanti jadi tidak panen. Ini juga panennya berapa persen saja," ungkap salah seorang petani.

Banjir diperkirakan akan terus terjadi karena hujan di daerah hulu Sungai Disky masih terus terjadi. (Vra/Ado)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini