Sukses

Mantan Pemilik Bioskop Blitz Megaplex Jadi Menteri Perdagangan

Presiden Joko Widodo atau Jokowi, Rabu 12 Agustus sore telah melantik 6 menteri baru di jajaran kabinet kerja.

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Joko Widodo atau Jokowi, Rabu 12 Agustus sore telah melantik 6 menteri baru di jajaran kabinet kerja. Salah satunya adalah seorang pengusaha muda yang didaulat menggantikan Rahmat Gobel sebagai Menteri Perdagangan.

Adalah Thomas Trikasih Lembong yang namanya paling banyak diakses dan mencapai puncaknya pada sore tadi, pukul 14.00 WIB, setengah jam setelah dilantik. Entah karena namanya paling jarang disebut dibanding kelima menteri lainnya atau karena ingin tahu latar belakang serta prestasi yang ia peroleh, sehingga Lembong dipercaya menjadi salah satu menteri di bidang ekonomi yang kini tengah disorot masyarakat Indonesia dan dunia pada umumnya.

Seperti ditayangkan Liputan 6 Malam SCTV, Rabu (12/82015), Tom yang merupakan lulusan dari Universitas Harvard, Amerika Serikat adalah mantan pemilik bisnis bioskop Blitz Megaplex belasan tahun lalu.

Selain itu, Lembong juga dikenal sebagai orang yang bertanggung jawab mengelola aset para obligor Bantuan Likuiditas Bank Indonesia (BLBI) di Badan Penyehatan Perbankan Nasional.

Sebelum menjadi menteri, pria yang pernah menjadi anggota Relawan Jokowi ini merupakan pendiri Quvat Capital, yaitu perusahaan yang berkantor di Singapura yang bergerak di bidang private equity dengan pengelolaan modal hingga US $ 500 juta.

Sang menteri yang sekaligus pengusaha muda ini juga pernah mendapatkan Young Global Leaders 2008 dari World Economic Forum. Penghargaan ini mensejajarkan posisinya dengan aktor Leonardo Dicaprio serta atlet tenis lapangan sekelas Steffi Graff dan Tony Hawk, skateboarding terbaik se-Amerika. (Mar/Ado)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.