Sukses

Musala Masih Kokoh Berdiri di Tengah Reruntuhan Kampung Pulo

Musala dan makam di tengah pemukiman warga Kampung Pulo tidak dibongkar karena menunggu kesepakatan antara pemerintah dan warga.

Liputan6.com, Jakarta - Di antara geliat alat berat, musala berlantai 2 yang berdiri di bantaran Kali Ciliwung kawasan Kampung Pulo, Jatinegara, Jakarta Timur masih kokoh berdiri.

Seperti ditayangkan Liputan 6 Petang SCTV, Jumat (21/8/2015), seluruh bangunan di sekeliling musala sudah rata dengan tanah, namun bangunan musala ini tidak dibongkar karena menunggu kesepakatan antara pemerintah dan warga.

Petugas juga belum membongkar makam warga yang berada dekat bangunan musala. Pemerintah berharap ahli waris bersedia makam keluarganya direlokasi.

"Masjid dan kuburan (makam) sepakat, kita sudah lama ini kesepakatannya, tidak akan kita bongkar. Jadi nanti setelah ini relokasi selesai, baru kita akan ada pembahasan lebih lanjut dengan ahli waris dan pengurus masjid," ungkap Walikota Jakarta Timur Bambang Musyawardana.

Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama atau yang biasa disapa Ahok juga menegaskan Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta tidak akan membongkar makam dan musala di bantaran Kali Ciliwung.

"Musala dibongkar juga enggak. Tapi ketika sudah ada musala baru, kita akan bongkar. Bukan isu saya bongkar musala. Saya saja bangun masjid di sini kok. Ada enggak gubernur yang bangun masjid di Balai Kota? Saya yang suruh bangun," ucap Gubernur Ahok.

Rencananya, penertiban seluruh bangunan di kawasan Kampung Pulo akan dirampungkan sore ini. (Vra/Sss)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.