Sukses

Melihat Indahnya Wisata Bahari di Timur Indonesia

Sebagai salah satu pusat penanaman terumbu karang, Provinsi Maluku kini terus berbenah mengembangkan wisata bahari.

Liputan6.com, Ambon - Sudahkah Anda menentukan destinasi liburan akhir tahun? Kalau belum, tidak ada salahnya melirik ke timur Indonesia.

Ya, sebagai salah satu pusat penanaman terumbu karang, Provinsi Maluku kini terus berbenah mengembangkan wisata bahari. Seperti apa indahnya potensi wisata khususnya wisata bawah laut Maluku?

Seperti ditayangkan Liputan 6 Pagi SCTV, Sabtu (22/8/2015), Maluku berasal dari bahasa Arab, yakni Jazirat al Muluk atau Tanah Para Raja. Sebagai pintu gerbang kawasan timur Indonesia, Maluku dikelilingi samudera.

94 Persen wilayahnya adalah perairan. Maka tak heran jika anda menginjakan kaki ke Ambon, Ibukota Provinsi Maluku, Anda akan disambut pantai di sepanjang jalan.

Sebagai salah satu destinasi wisata di timur Indonesia, Maluku terus berbenah. Pekan lalu Kota Ambon, Maluku didaulat menjadi salah satu
lokasi puncak ekspedisi penanaman sejuta terumbu karang yang digelar serentak di Sabang-Aceh dan Manado-Sulawesi Utara.

Pantai Tapal Kuda di teluk Ambon pun ramai oleh 200 penyelam dan hilir mudik kapal hias nelayan.

Gubernur Maluku Said Assagaf tak ketinggalan. Tak hanya khusus berlatih menyelam untuk event ini, Said juga berdialog di kedalaman 12 meter bersama reporter Liputan 6 SCTV Desa Apridini.

Upaya ini semata dilakukan untuk memajukan wisata bawah laut Maluku.

Kondisi alam Maluku yang terdiri dari perairan dan pegunungan vulkanik membuat alam bawah laut Maluku kaya akan biota.

Tak perlu menyelam terlalu dalam, cukup 3 hingga 5 meter saja dan bahkan cukup berbekal alat snorkle Anda sudah bisa menikmati ikan kecil aneka warna menari di terumbu karang.

Beberapa lokasi penyelaman favorit diantaranya Pantai Morella, Pantai Tapal Kuda, Pulau Pombo, dan Banda Neira yang telah dikenal wisatawan domestik hingga mancanegara.

Dalam waktu dekat Pemda Maluku berencana meresmikan pusat konservasi atau kawasan perlindungan terumbu karang di sejumlah wilayah di Ambon, Maluku. Salah satunya Pantai Tapal Kuda agar lahan terumbu karang semakin luas dan bisa dinikmati sebagai wisata surga bawah laut.

Bagaimana, Anda tertarik mengunjungi Maluku? (Nda/Ans)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.