Sukses

Sepekan Berlalu, Kebakaran Hutan Puncak Ciremai Belum Juga Padam

Sepekan berlalu, kebakaran hutan di puncak Gunung Ciremai, Kuningan, Jawa Barat belum juga padam.

Liputan6.com, Kuningan - Sepekan berlalu, kebakaran hutan di puncak Gunung Ciremai, Kuningan, Jawa Barat belum juga padam. Sulitnya medan dan minimnya peralatan merupakan kendala yang dihadapi petugas pemadam.

Seperti ditayangkan Liputan 6 Pagi SCTV, Minggu (23/8/2015), sepintas kebakaran yang melalap sebagian hutan Gunung Ciremai di Kuningan, Jawa Barat tidak terlihat lantaran puncak gunung tertutup awan. Namun dengan pengamatan yang lebih teliti, pada lereng gunung tersebut terdapat kepulan asap putih.

Asap tersebut berasal dari kebakaran hutan dan semak di kawasan Taman Nasional Gunung Ciremai yang muncul sejak Jumat pekan lalu.

Upaya pemadaman sudah dilakukan bersama pengurus taman nasional, TNI, Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kabupaten Kuningan serta warga masyarakat. Namun pemadaman berlangusng lamban karena keterbatasan alat serta sulitnya medan.

Di Boyolali, petugas gabungan masih terus berupaya memadamkan api yang membakar lereng Gunung Merbabu. Minimnya peralatan juga menjadi kendala dalam upaya pemadaman.

Untuk mempermudah mobilitas regu pemadam gabungan, jalur pendakian ke puncak Merbabu ditutup untuk sementara waktu. (Nda)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini