Sukses

Terganjal Visa, Puluhan Calon Haji Terancam Batal Berangkat

Puluhan calon haji ini belum bisa berangkat ke Tanah Suci lantaran belum memperoleh visa ibadah haji.

Liputan6.com, Solo - Puluhan anggota jemaah calon haji Embarkasi Donohudan-Solo belum bisa berangkat ke Tanah Suci lantaran belum memperoleh visa ibadah haji. Keresahan serupa dirasakan calon haji di Surabaya, Jawa Timur dan Padang, Sumatera Barat.

Seperti ditayangkan Liputan 6 Pagi SCTV, Minggu (23/8/2015), 96 Calon haji asal Jawa Tengah Embarkasi Solo, Sabtu siang dikumpulkan di Gedung Makkah Asrama Haji Donohudan. Mereka adalah bagian dari jemaah yang hingga kini belum mendapatkan visa ibadah haji akibatnya mereka tidak bisa berangkat.

Jemaah berharap bisa memperoleh visa, sehingga bisa menyusul rombongan mereka yang sudah berangkat. Kini puluhan calon haji dari kloter 1 hingga kloter 5 ini mengaku hanya bisa pasrah.

Urung berangkat juga dialami puluhan anggota jemaah asal Surabaya dan Magetan, Jawa Timur yang seharusnya berangkat pada kloter 1 Embarkasi Juanda. Masalah visa lagi-lagi menjadi alasan mereka gagal berangkat.

Mereka pun akhirnya hanya bisa beristirahat sementara di Asrama Haji Sukolilo, menanti kabar mengenai visa.

Sementara setelah melalui pengurusan yang dilakukan Panitia Penyelenggara Ibadah Haji atau PPIH, 18 anggota jemaah memperoleh visa pada Sabtu pagi 22 Agustus 2015 dan bisa berangkat ke Arab Saudi sedang 13 sisanya masih belum memperoleh kepastian.

Sedangkan di Padang, Sumatera Barat, 19 calon haji juga urung berangkat karena visanya belum tuntas. Mereka berasal dari kloter pertama yang telah berangkat pada Jumat 21 Agustus 2015. Sedangkan sisanya 12 orang berasal dari kloter 2 yang akan diberangkatkan besok atau Senin 24 Agustus 2015.

Hingga kini pihak PPIH Embarkasi Padang masih terus mengupayakan visa ibadah haji bagi ke-19 calon haji yang tertinggal ini. (Nda/Ans)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini