Sukses

Calon Haji asal Lombok dan Banyumas Terganjal Masalah Visa

Pihak penyelenggara haji embarkasi Lombok mencatat sedikitnya 270 orang calon jamaah dari jumlah total 3.600 asal NTB belum dapat visa.

Liputan6.com, Mataram - Kloter kedua jemaah haji embarkasi Lombok siang tadi diberangkatkan usai mendapat pengarahan di Asrama Haji Loang Balok, Mataram, Nusa Tenggara Barat.

Seperti ditayangkan Liputan 6 Petang SCTV, Minggu (23/8/2105), pada pemberangkatan ini masih terdapat persoalan visa yang belum terbit. Sedikitnya ada 5 dari total 355 jemaah pada kloter kedua yang terpaksa tertunda keberangkatannya.

Pihak penyelenggara haji embarkasi Lombok mencatat sedikitnya 270 orang calon jemaah dari jumlah total 3.600 calon jemaah haji asal NTB belum mendapatkan visa dari Pemerintah Arab Saudi. Meski demikian, pihak penyelenggara haji Lombok akan berupaya maksimal untuk memberangkatkan seluruh jemaahnya pada tahun ini.

Sementara itu, resah karena belum ada kepastian kapan visa haji terbit, sejumlah calon jemaah haji asal Banyumas, Jawa Tengah yang telah 3 hari berada di Embarkasi Haji Donohudan, Boyolali, Jawa Tengah, mendatangi kantor panitia.

Selama di embarkasi, mereka telantar dan harus pindah-pindah kamar tergusur oleh rombongan yang baru tiba. Seharusnya mereka telah diberangkatkan Jumat malam 21 Agustus 2015. Namun karena visa haji mereka belum terbit, maka keberangkatan mereka tertunda.

Dari 350 calon jemaah haji asal Banyumas, 63 orang mendapat masalah visa. Kini baru 13 nama diantaranya yang siap diberangkatkan, sedangkan 50 orang lainnya belum pasti. (Vra/Yus)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.