Sukses

Terganjal Visa, Keberangkatan 95 Calon Haji di Bandung Tertunda

Pihak Kemenag berupaya menyelesaikan masalah visa agar 95 jemaah calon haji bisa berangkat sesuai jadwal.

Liputan6.com, Bandung - Jemaah calon haji asal Bandung, Jawa Barat, yang akan berangkat ke Tanah Suci berjumlah 823 orang. Keberangkatan akan dibagi dalam 2 gelombang. Gelombang pertama, jemaah calon haji akan masuk embarkasi Bekasi pada 29 Agustus 2015 mendatang.

Seperti ditayangkan Liputan 6 Petang SCTV, Selasa (25/8/2015), karena masalah visa, sebanyak 95 jemaah tertunda keberangkatannya. Pihak Kementerian Agama (Kemenag) setempat terus berupaya menyelesaikan masalah visa agar 95 jemaah tersebut bisa menunaikan rukun Islam kelima sesuai jadwal.

Sebanyak 251 jemaah asal Kota Binjai, Sumatera Utara, hari ini diberangkatkan ke Asrama Haji Medan. Sebelum diterbangkan ke Tanah Suci esok hari. Dari 251 jemaah haji, 23 orang di antaranya belum menerima visa haji.

Hari ini Kantor Urusan Haji Departemen Agama Kabupaten Mandailing Natal, Sumatera Utara, mulai dipadati para jemaah calon haji. Mereka mengambil perlengkapan haji. Rencananya mereka akan diberangkatkan menuju pemondokan haji di Medan, Rabu 26 Agustus.

Seperti diketahui, peraturan baru berupa sistem dokumentasi berbasis elektronik atau disebut e-Hajj menjadi masalah tersendiri bagi jemaah calon haji Indonesia. Di dalam sistem itu, akan tercantum semua data mengenai individu jemaah, seperti nomor paspor, maskapai penerbangan hingga transportasi yang akan digunakan selama di Tanah Suci. (Dan/Ali)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.