Sukses

Atasi Krisis Air Bersih, Mahasiswa Muhammadiyah Buat Dongki Air

Dongki air adalah instalasi pipa air sederhana yang mampu mengalirkan air dari dataran rendah ke dataran lebih tinggi.

Liputan6.com, Lumajang - Guna mengatasi krisis air bersih, sekelompok mahasiswa membuat aliran pipa air bersih dengan teknik mesin dongki. Instalasi itu diperuntukkan bagi warga Desa Mojo, Kecamatan Padang, Lumajang, Jawa Timur.

Lokasi sumber mata air yang berjarak 1 kilometer di bawah bukit permukiman warga itulah, yang menjadi alasan para mahasiswa dari Universitas Muhammadiyah Malang membuat dongki air.

Dongki air adalah instalasi pipa air sederhana yang mampu mengalirkan air dari dataran rendah ke dataran lebih tinggi.

Seperti ditayangkan Liputan 6 Pagi SCTV, Rabu (26/8/2015), aksi sosial mahasiswa ini disambut antusias oleh warga setempat. Mereka bahkan turut bergotong-royong dengan para mahasiswa untuk bekerja sama membuat dongki air.

Warga Desa Mojo mengaku senang atas dibangunnya instalasi ini, sebab selama bertahun-tahun mereka kekurangan air bersih setiap musim kemarau tiba dan hanya menunggu bantuan dari pemerintah. (Mar/Tnt) 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini