Sukses

Kebakaran Lereng Merapi Meluas, Warga Tebangi Pohon Pinus

Warga khawatir kebakaran hutan meluas ke permukiman penduduk.

Liputan6.com, Magelang - Ratusan warga menebangi pohon yang sedang terbakar di Taman Nasional Lereng Gunung Merapi, Magelang, Jawa Tengah. Warga khawatir kebakaran hutan meluas ke pemukiman penduduk.

Seperti ditayangkan Liputan 6 Siang SCTV, Senin (31/8/2015), dengan alat seadanya ratusan warga bersama tim SAR, anggota TNI dan tim BPBD Magelang memadamkan api yang membakar hutan pohon pinus di area Jurang Jero, Desa Ngablak, Kecamatan Srumbung, Magelang, Jawa Tengah.

Selain memadamkan api yang membakar ilalang kering, warga dan tim pemadam juga menebangi hutan dengan merobohkan pohon pinus yang kering dan terbakar. Warga kini mulai khawatir kebakaran hutan meluas ke permukiman penduduk.

Akibat hutan yang terbakar itu, kini kabut asap mulai menyelimuti Desa Ngablak dan sekitarnya. Angin yang bertiup ke arah puncak Merapi membuat kabut asap tak terlalu mengganggu warga.

Pemadaman menggunakan alat penyemprot air yang disiapkan BPBD Magelang tak bisa berfungsi lantaran tak ada sumber air di sekitar lokasi kebakaran. 3 Hari terakhir sudah 2 kali terjadi kebakaran di hutan Jurang Jero, Desa Ngablak.

Dugaan sementara lantaran puntung rokok yang membakar semak belukar kering. (Nda/Sss)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini