Sukses

1 Kilogram Jagung Milik Jemaah Calon Haji Disita Petugas

Dalam pemeriksaan di bandara, petugas haji dan bea cukai mendapati banyak barang terlarang yang dibawa para jemaah calon haji.

Liputan6.com, Palembang - Jemaah calon haji kloter 6 asal Provinsi Bangka Belitung diberangkatkan ke Mekah melalui embarkasi Palembang, Sumatera Selatan pagi tadi.

Seperti ditayangkan Liputan 6 Siang SCTV, Rabu (2/9/2015), dari 450 jemaah calon haji, 371 di antaranya berisiko tinggi karena usia lanjut. Bahkan 2 di antaranya gagal berangkat karena sakit.

"448, yang direncanakan 450, ada 2 yang sakit. 1 sebelum masuk asrama, 1 setelah masuk asrama dirujuk ke rumah sakit umum," ucap Kepala Kanwil Kemenag Provinsi Sumatera Selatan Hambali.

Dalam pemeriksaan di bandara, petugas haji dan bea cukai mendapati banyak barang terlarang yang dibawa para jemaah calon haji terutama benda-benda cair.

Benda-benda cair itu seperti madu, saos sambal, kecap, pasta gigi, sabun cair, hingga air mineral. Bahkan petugas juga terpaksa mengeluarkan 1 kg jagung dari tas jinjing seorang jemaah calon haji.

Dari 371 jemaah calon haji kloter 6 yang berstatus risiko tinggi, 122 orang karena lanjut usia dan 249 lainnya karena sakit-sakitan. Meski demikian, tidak ada jemaah calon haji kloter 6 yang terganjal visa bermasalah.

Seorang jemaah calon haji kloter 2 yang sempat tersandung masalah visa, kini diberangkatkan bersama kloter 6. (Vra/Mvi)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.