Sukses

Buku Jakarta Berkarakter Sudah Lulus Pengkajian dan Verifikasi

Buku Jakarta Berkarakter merupakan bagian dari program Yayasan Al Kahfi dengan Dinas Pendidikan Provinsi DKI Jakarta.

Liputan6.com, Jakarta - Di media sosial heboh beredar foto cuplikan buku program pelajar bertajuk Jakarta Berkarakter. Foto-foto cuplikan buku tersebut diambil oleh orang yang tidak bertanggung jawab yang berisikan ateisme.

Seperti ditayangkan Liputan 6 Petang SCTV, Jumat (4/9/2015), foto yang disebar tersebut dianggap salah sang pengunggah yang hanya mem-posting sebagian kecil dari buku Jakarta Berkarakter.

"Polemik itu saya kira karena pihak-pihak tertentu itu memotong sebagian isi, tidak menjelaskan secara keseluruhan," ungkap Penanggungm Jawab Redaksi Yayasan Al-Kahfi, Dodi Wijaya.

Yayasan Al-Kahfi merasa dirugikan atas adanya unggahan foto tersebut. Sebab, buku yang ditujukan untuk siswa SMA tersebut sudah melalui berbagai tahap pengkajian dan verifikasi dari berbagai pihak termasuk para pemuka agama.

Buku tersebut merupakan bagian dari program Yayasan Al-Kahfi dengan Dinas Pendidikan Provinsi DKI Jakarta dalam upaya mengatasi tawuran pelajar, kenakalan remaja, dan radikalisme pelajar dengan metode pembinaan karakter terprogram.

"Maksud dari buku dan pelatihan ini adalah untuk meluruskan, memberikan pandangan kepada generasi muda bahwa apa yang ada di dalam pandangan yang disebutkan tadi itu ada bukti-bukti ilmiah," ungkap Sekretaris Dinas Pendidikan DKI Jakarta Bowo Trianto.

Rencananya pihak Al-Kahfi juga akan membawa kasus pencemaran nama baik ini ke ranah hukum. Saat ini sedang dilakukan investigasi siapakah yang melakukan unggahan foto buku ini ke media sosial hingga merugikan banyak pihak. (Vra/Ans)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.