Sukses

Kebakaran Hutan di Riau Meluas ke Taman Nasional Way Kambas

Kebakaran hutan di areal perkebunan masih terjadi di berbagai kawasan di Siak, Riau.

Liputan6.com, Siak - Kebakaran hutan di areal perkebunan masih terjadi di berbagai wilayah di Siak, Riau. Kebakaran hutan meluas hingga ke kawasan hutan konservasi.

Seperti ditayangkan Liputan 6 Petang SCTV, Sabtu (5/9/2015), Tim Manggala Agni Departemen Kehutanan berupaya memadamkan api di kawasan konservasi Cagar Biosfer Giam Siak Kecil di Kabupaten Siak, Riau.

Tim pemadam kebakaran cukup kewalahan menjinakkan kobaran api karena luas areal yang cukup luas dan angin yang bertiup cukup kencang hingga mempercepat meluasnya kebakaran. Selain itu sumber air untuk memadamkan api jauh dari lokasi kebakaran.

Kawasan konservasi Cagar Biosfer Giam Siak memiliki luas areal 21.000 hektare. Luas areal yang sudah terbakar mencapai 30 hektare.

Sementara itu kebakaran hutan juga terjadi di kawasan Taman Nasional Way Kambas, Lampung. Dalam sepekan hutan ini sudah 3 kali mengalami kebakaran dan hingga kini penyebab kebakaran belum bisa dipastikan.

Diduga kuat kebakaran ini akibat ulah perburuan liar yang membuang api atau sengaja membakar hutan tersebut agar  tujuan perburuan binatang di taman nasional tersebut mudah didapatkan.

Di Jambi, kebakaran lahan masih terjadi di Desa Arang-arang, Kabupaten Muaro, Jambi. Sekitar 400 hektare lahan perkebunan milik masyarakat ludes terbakar.

Diduga api berasal dari warga pendatang yang memancing ikan di sungai dan membuang puntung rokok sembarangan. Akibatnya selain membakar ratusan lahan masyarakat juga nyaris membakar permukiman warga setempat. (Mar/Ans)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.