Sukses

Para Petani Banyumas Minta Hujan dengan Korbankan Kerbau

Selain kerbau, seekor ayam jantan juga dikorbankan.

Liputan6.com, Banyumas - Banyak cara dilakukan petani agar hujan segera turun, menyusul musim kemarau yang panjang dan berdampak pada nasib pertanian mereka. Para petani di Banyumas, Jawa Tengah menggelar ritual meminta hujan dengan mengorbankan seekor kerbau.

Seperti ditayangkan Liputan 6 Pagi SCTV, Minggu (6/9/2015), inilah kerbau yang dikorbankan untuk ritual prosesi minta hujan warga Desa Paningkaban, Kecamatan Gumelar, Banyumas, Jawa Tengah. Kerbau jantan seharga Rp 17 juta ini disembelih dengan cara tradisional, diikat di pohon.

Selain kerbau, seekor ayam jantan juga dikorbankan. Darah kedua hewan itu disatukan dalam satu lubang. Konon sebagai simbol permohonan kemakmuran bagi petani.

Daging hewan ini kemudian dimasak dibagikan kepada warga. Prosesi selanjutnya berupa doa bersama para sesepuh desa, petani, dan perangkat desa. Mereka berharap agar hujan segera tiba agar aktivitas petani kembali normal.

Ritual diakhiri dengan tawur air di sepanjang jalan desa yang dilakukan oleh para ibu. Sambil melafalkan doa, air yang telah didoakan ini dicipratkan ke tanah dan warga yang menghadiri acara tersebut.

Petani berharap di bulan Apit yang jatuh pada Agustus dan September, hujan bisa segera turun karena biasanya merupakan masa petani kembali menanam padi. (Nda/Ali)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini