Sukses

Jelang Iduladha, Pedagang Kambing di Solo Sepi Pembeli

2 Pekan menjelang Hari Raya Iduladha, pasar kambing di Silir, Solo sepi pembeli.

Liputan6.com, Solo - 2 Pekan menjelang Hari Raya Iduladha, pasar kambing di Silir, Solo, Jawa Tengah sepi pembeli. Naiknya harga kambing diduga membuat pembeli beralih berkurban sapi.

Seperti ditayangkan Liputan 6 Petang SCTV, Jumat (11/9/2015), penjual hewan kurban yang biasanya memberi makan atau bertransaksi, hanya duduk menunggu pelanggan.

Sejumlah pedagang mengaku, penjualan hewan kurban tahun ini menurun dibanding tahun lalu. Jika tahun lalu mereka bisa menjual 20 kambing dalam sepekan, kini mereka hanya bisa menjual rata-rata 5 ekor kambing per pekan.

Kambing dibanderol seharga Rp 1,5 hingga 2,5 juta. Pedagang terpaksa menaikkan harga kambing karena harga pakan yang mahal.

Sebaliknya di Bangka Belitung, kendati harga sapi meningkat mencapai Rp 2 juta per ekor. Hewan ini tetap diburu untuk umat muslim beribadah kurban.

Permintaan terus meningkat. Sapi berbobot 400 kg dibanderol dengan harga Rp 17 juta. Sementara sapi berbobot 900 kg dibanderol seharga Rp 50 juta. Penjualan ini diprediksi terus meningkat menjelang Iduladha. (Nda/Mvi)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini