Sukses

Kabut Asap Pekat di Jambi Meluas

Kabut asap pekat mengakibatkan jarak pandang kurang dari 100 meter dan mengganggu pernapasan warga Jambi dan Kerinci.

Liputan6.com, Jambi - Kabut asap kini sudah benar-benar menyelimuti hampir semua ruang udara di wilayah Provinsi Jambi. Kawasan paling ujung, Kabupaten Kerinci, juga sudah diselimuti kabut asap akibat pembakaran lahan oleh orang-orang tidak bertanggungjawab.

Seperti ditayangkan Liputan 6 Petang SCTV, Jumat (11/9/2015), pemandangan dari atas Bukit Sentiong, Kerinci, Jambi, terlihat kabut asap begitu pekat. Jarak pandang pun kurang dari 100 meter. Tidak heran asap mengganggu pernapasan warga.

Di Kerinci, tidak ada alat pengukur indeks pencemaran udara. BMKG Kerinci memastikan, kabut asap di wilayahnya adalah kiriman dari arah Kota Jambi dan Muaro Jambi, yang berjarak sekitar 260 kilometer dari kerinci.

Sementara di Kota Samarinda, Kalimantan Timur, pekatnya kabut asap belum menunjukkan tanda-tanda akan berkurang. BMKG Bandara Temindung menyebutkan, jarak pandang makin pendek, hanya 500 meter. Sebelumnya mencapai 1 kilometer.

Titik api disebutkan makin berkurang, dari jumlah 242 titik menjadi hanya 99 titik api yang tersebar di 5 kabupaten dan kota, yaitu Kabupaten Berau, Kutai Timur, Kutai Kartanegara, Kutai Barat, dan Kabupaten Paser.

Untuk mengantisipasi kembali munculnya titik api, sejumlah petugas pemadam kebakaran dan relawan terus bersiaga di sejumlah titik rawan kebakaran terutama di lahan gambut. Mereka bersiaga hingga waktu yang belum ditentukan. (Dan/Mvi)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini