Sukses

Mirip Tsunami, Banjir Bandang di Jepang Mulai Surut

Sejumlah petugas penyelamat tengah melakukan penyisiran di lokasi yang telah surut untuk mencari warga yang hilang terseret arus banjir.

Liputan6.com, Jepang - Banjir bandang mirip tsunami yang melanda beberapa kawasan di Jepang kini mulai surut.

Seperti ditayangkan Liputan 6 Malam SCTV, Jumat (11/9/2015), sejumlah petugas penyelamat tengah melakukan penyisiran di lokasi yang telah surut untuk mencari warga yang hilang terseret arus banjir.

Sementara itu, ratusan kendaraan serta rumah hancur berantakan, lokasi yang terkena banjir luluh lantak serta jalan-jalan pun rusak berat. Pemerintah Jepang akan mengupayakan penyelamatan maksimal bagi para korban banjir serta terus mendukung dan memberikan semangat agar para korban banjir tetap bertahan. Pemerintah juga berjanji akan memulihkan keadaan pasca-banjir dahsyat yang menerjang negeri Matahari Terbit ini.

Meski telah surut, namun genangan air bercampur lumpur masih mengisi beberapa wilayah walaupun tidak separah hari pertama.

Sebelumnya banjir yang lebih mirip tsunami ini menerjang kota kecil Joso sekitar 50 kilometer dari Tokyo. Banyak rumah terseret air Sungai Kinugawa yang meluap. Pepohonan juga ikut tumbang di terjang banjir.

Bahkan 2 orang warga terpaksa naik ke atap rumahnya untuk menghindari terjangan banjir dahsyat di Jepang. Beberapa ada pula yang mencoba bertahan di loteng rumah tanpa bisa berbuat banyak di tengah derasnya air banjir. (Mar/Ron)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini