Sukses

Mengenal Kemegahan dan Pesona Koloseum Roma

Berkunjung ke Roma, Italia tak lengkap rasanya bila tak mengunjungi koloseum.

Liputan6.com, Roma - Siapa yang tak tahu film Gladiator yang sempat menduduki puncak Box Office dan menyabet beberapa penghargaan? Film itu bercerita tentang pertarungan berdarah gladiator di koloseum, Roma, Italia.

Nah mari intip koloseum yang kini menjadi daya tarik wisatawan mancanegara. Seperti ditayangkan Liputan 6 Siang SCTV, Sabtu (12/9/2015), berkunjung ke Roma, Italia tak lengkap rasanya bila tak mengunjungi sejumlah bangunan bersejarah era Kekaisaran Romawi. Yang pertama adalah koloseum.

Bangunan ini berdiri pada tahun 72 sebelum masehi. Koloseum di Roma, Italia dibangun oleh Raja Vespasian dari Kerajaan Flavian yang kemudian diselesaikan oleh putranya Titus pada tahun 80 sebelum masehi.

Didirikan dengan tujuan untuk meningkatkan popularitas Raja Vespasian, dengan membuat area pertarungan berdarah antara gladiator--sebutan untuk budak maupun tahanan kriminal--dengan binatang buas yang ditonton puluhan ribu orang. Koloseum mampu menampung hingga 50 ribu penonton.

Namun dengan berjalannya waktu, bencana alam, sambaran petir, dan gempa bumi serta penjarahan material berharga bangunan, kini hanya menyisakan sebagian dari koloseum.

Berkunjung ke Roma, Italia, bukan saja koloseum tetapi wisatawan benar-benar dimanjakan dengan gedung-gedung indah peninggalan sejarah.

Disebelah koloseum terdapat Arch of Constantine, monumen kemenangan Constantine atas Maxentius pada tahun 312. Monumen yang juga menjadi atraksi para turis yang berkunjung ke koloseum. (Nda/Sun)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.