Sukses

Api Tak Kunjung Padam, Kebakaran Lahan di Jambi Meluas

Kebakaran lahan di Desa Arang-Arang, Muaro jambi hingga siang ini belum berhasil dipadamkan. Setidaknya sudah 75 hektare lahan terbakar.

Liputan6.com, Jambi - Kebakaran lahan di Desa Arang-Arang hingga siang ini belum berhasil dipadamkan. Di wilayah tersebut setidaknya sudah 75 hektare lahan terbakar.

Seperti ditayangkan Liputan 6 Siang SCTV, api dengan ketinggian mencapai 10 meter dini hari tadi masih melalap lahan di Desa Arang-Arang, Kecamatan Kumpeh Ulu, Kabupaten Muaro Jambi. Tim pemadam kebakaran dibantu warga kewalahan memadamkan api.

Kebakaran terjadi sejak Sabtu sore namun hingga Minggu siang belum bisa dipadamkan dan semakin meluas.

Sulitnya air dan lokasi yang terdiri dari lahan gambut yang kering ditambah tiupan angin yang kencang membuat api sulit dipadamkan.

Rencananya siang ini akan dilakukan pemadaman dengan bom air.

Sementara itu kebakaran hutan dan lahan di Provinsi Sumatera Selatan juga terus meluas. Dalam sepekan terakhir, belasan titik api menyebar di Kabupaten Empat Lawang yang berbatasan dengan Provinsi Bengkulu.

Seperti kawasan perbukitan sepanjang jalan penghubung antar Kecamatan Tebing Tinggi dan Pendopo, kobaran api telah menghanguskan berhektare-hektare lahan dan hutan.

Bahkan api sudah mendekati jalan lintas Sumatera sehingga dikhawatirkan membahayakan pengguna jalan.

Meski titik api cenderung bertambah namun belum ada belum ada upaya serius pemerintah daerah setempat untuk memadamkan kebakaran lahan. (Nda/Yus)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini