Sukses

Rumit nan Eksotis, Pesona dan Kelezatan Kuliner Asli Jepang

Bersantap makanan Jepang tak hanya menikmati rasanya, namun juga merasakan keindahannya.

Liputan6.com, Jakarta - Kerumitan dan detail dalam budaya Jepang juga tercermin dalam pengolahan masakannya. Menu masakan diolah berdasarkan filosofi khas Jepang yang diwujudkan dalam racikan bumbu, irisan bahan makanan, hingga penataan makanan.

Seperti ditayangkan Liputan 6 Siang SCTV, Minggu (13/9/2015), bersantap makanan Jepang tak hanya menikmati rasanya. Namun juga merasakan keindahan hasil karya tangan terampil sang juru masak yang tersaji di atas piring.

Seperti menu sashimi ini. Ikan tuna disiapkan dengan irisan khas disertai cocolan wasabi yang diletakkan dalam tempat khusus.

Atau di menu daging sapi Jepang wagyu yang diiris tipis dengan hiasan bunga lotus dan zuchini berbentuk bintang.

“Suasana kontras memang terjadi di dapur dengan di meja tamu. Para tamu dengan tenang menikmati makanan, sementara di dapur seperti medan perang, sibuk menyiapkan makanan. Meski demikian saya menikmatinya,” ujar Chef Nakamura.

Menu-menu masakan Jepang ini menggambarkan 4 musim di Jepang. Diracik berdasarkan ide yang muncul di kepala sang chef dan berdasar bahan masakan segar.

Peralatan makanannya pun menggunakan asli Jepang yakni gerabah asal Imari, Jepang, karya Houkan Setoguchi, yang meneruskan tradisi 400 tahun keluarganya.

Namun, tak perlu jauh-jauh ke Jepang. Anda bisa menemukan semua ini di kawasan Cikini, Jakarta di sebuah restoran Jepang tersembunyi. (Nda)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.