Sukses

Penderita ISPA Dampak Kabut Asap Riau Capai 25 Ribu Pasien

Para pasien ini mengeluhkan asap yang menyebabkan kondisi sesak napas, perih di mata dan sakit di tenggorokan.

Liputan6.com, Pekanbaru - Ratusan pasien mengantre pada Senin 14 September siang, untuk mendapat layanan kesehatan di Rumah Sakit Umum Daerah Arifin Achmad, Kota Pekanbaru, Riau. Mayoritas merupakan rujukan dari puskesmas yang terdiri dari anak-anak, orang dewasa hingga lansia.

Seperti ditayangkan Liputan 6 Pagi SCTV, Selasa (15/9/2015), para pasien ini banyak mengeluhkan kabut asap yang menyebabkan kondisi sesak napas, perih di mata dan sakit di tenggorokan.

Untuk mengurangi risiko infeksi saluran pernapasan akut (ISPA), dokter rumah sakit mengimbau agar warga mengonsumsi air dan buah-buahan untuk mengeluarkan oksidan negatif dari dalam tubuh.

Asap tebal di Riau terus meningkat, yang mengakibatkan angka penderita ISPA mencapai 25.000 jiwa. Sementara itu berdasarkan hasil penyidikan Puslabfor Mabes Polri, 107 orang ditetapkan sebagai tersangka pembakar hutan dan lahan di Sumatera dan Kalimantan.

Adapun untuk membantu proses pemadaman, polisi telah menerjunkan sebanyak 3.226 personel di 1.205 titik api di 52 kabupaten di Sumatera dan Kalimantan. (Dan/Ans)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.