Sukses

Kamera Lawas Antik dari Kayu Buatan Jember

Sebuah hobi mendatangkan rejeki bagi seorang fotografer di kota kecil Jember, Jawa Timur.

Liputan6.com, Jember - Sebuah hobi mendatangkan rezeki bagi seorang fotografer di kota kecil Jember, Jawa Timur. Berbekal keuletan dan jeli melihat peluang pasar, Agung akhirnya memproduksi kamera kayu kuno era tahun 1990-an dan banyak diminati para penggiat fotografi dari dalam maupun luar negeri.

Seperti ditayangkan Liputan 6 Siang SCTV, Selasa (15/9/2015), desain kamera kuno dari kayu yang diproduksi Agung Kurniawan, warga Jalan Teratau, Kecamatan Kaliwates ini tampak cantik.

Sepintas kamera antik ini tampak asli layaknya kamera yang digunakan para fotografer di tahun 60 - 70 an. Namun kamera ini sebenarnya adalah replika.

Ide pembuatan kamera kuno ini sendiri berawal dari semakin langkanya jumlah kamera kayu tersebut di pasaran. Untuk menjaga nilai historisnya, Agung Kurniawan yang juga kolektor kamera lawas ini mengunakan sebagian piranti asli. Salah satunya lensa.

Menariknya meski hanya replika kamera, kayu ini dapat digunakan layaknya kamera pada umumnya."Awalnya kami membuat ini untuk properti dan pajangan. Ternyata ini juga bisa difungsikan. Dengan sedikit sentuhan akhirnya kamera ini bisa difungsikan," kata Agung, sang fotografer.

Butuh waktu sekitar 2 bulan untuk menyelesaikan satu unit kamera kayu yang ukurannya harus benar-benar presisi.

Meski dibuat secara sedehana, kamera kayu yang dihasilkan tampak seperti asli dengan ragam detailnya. Kini kamera-kamera klasik produksi Agung laris di pasaran bahkan permintaan kamera mulai berdatangan dari para penggiat fotografi luar negeri. (Mar/Yus)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini