Sukses

Jelang Puncak Haji, Makan Siang Gratis Jemaah Dihentikan

Jelang puncak haji, makan siang gratis untuk jemaah dihentikan sementara karena lalu lintas Mekah sudah mulai padat.

Liputan6.com, Mekah - Katering haji gratis untuk makan siang di Mekah, Arab Saudi memang menjadi andalan jemaah haji Indonesia. Menunya yang khas nusantara membuat para jemaah bisa melepas rasa kangen akan Tanah Air.

Seperti ditayangkan Liputan 6 Petang SCTV, Rabu (16/9/2015), pelaksanaan haji tahun ini memang sedikit berbeda dengan tahun lalu. Pada tahun 2014 lalu jemaah haji hanya mendapat uang living cost atau biaya hidup sebesar 1.500 riyal atau Rp 5,5 juta.

Perbedaannya adalah tahun ini para jemaah haji selain mendapatkan living cost, juga akan dapat makan siang gratis sebanyak 15 kali selama berada di Mekah.

Namun sejak Selasa 15 September 2015 kemarin, katering gratis ini untuk sementara dihentikan dan baru akan diberikan lagi pada 2 Oktober 2015 atau pascapuncak haji. Alasannya adalah karena pada saat ini lalu lintas di Kota Mekah sudah mulai padat dan sulit untuk mendistribusikan makanan ke pemondokan haji.

Para jemaah haji pun diminta untuk mengantisipasi hal ini dengan memasak sendiri atau membeli makan siang di sekitar penginapan, setidaknya hingga puncak haji usai. (Vra/Sss)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini