Sukses

Sopir Kopaja Tolak Rencana Ahok soal Pencabutan Trayek

Para sopir Kopaja dan metromini menolak jika trayek mereka dihapus begitu saja.

Liputan6.com, Jakarta - Gunawan, pengemudi ojek online (Go-Jek) dan istrinya tewas setelah tertabrak Kopaja 612 di Warung Buncit, Pancoran, Jakarta Selatan, Rabu 16 September 2015 siang. Sedangkan anaknya kondisinya kini kritis.

Seperti ditayangkan Liputan 6 Petang SCTV, Kamis (17/9/2015), pascakecelakaan maut kopaja hancur diamuk massa. Sopir Kopaja 612 jurusan Ragunan-Kampung Melayu yang ugal-ugalan sempat melarikan diri hingga akhirnya ditangkap polisi.

Tindak ugal-ugalan saat berkendara sebagian awak angkutan ini memancing reaksi Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok. Dia berjanji mencabut izin trayek Kopaja 612 itu termasuk akan memperketat izin trayek dan KIR.

"Saya sudah bilang sama kepala dinas, sanksi coret saja. Coret dia punya trayek dicoret bila perlu. Kita memang mau ganti, mau sikat semua. Makanya sekarang kita sudah batasin kopaja, yang terlanjur pesan 320 bus, ke depan gak ada lagi bus sedang," ucap Ahok.

Sikap Ahok menuai reaksi para awak metromini dan kopaja. Mereka menolak karena saat perekonomian sulit seperti, volume penumpang jauh menurun dan berdampak pada berkurangnya pendapatan. Tak hanya itu, para sopir juga akan menjadi pengangguran jika trayek dihapus.

"Keberatan (jika trayek dihapus) soalnya hidup kita di metromini, dari jaman bujangan sampai sekarang sudah punya keluarga. Sekarang aja diganti, gak diganti aja udah susah nyari duit," ucap salah seorang sopi metromini.

Kecelakaan maut menimpa 1 keluarga Gunawan saat mengendarai motor di Jalan Warung Buncit Rabu siang kemarin. Saksi mata menyebutkan, Kopaja 612 melaju kencang di jalur bus Transjakarta.

Saat itu, di depannya, sebuah motor yang dikemudikan Gunawan berboncengan dengan istrinya yang sedang hamil 8 bulan serta seorang anak mereka. Pengemudi Kopaja 612 tersebut tak mampu mengendalikan kendaraan.

Hal itu dikarenakan pengemudi kopaja kaget saat di depan motor ada mobil yang hendak berputar arah. Kopaja 612 itu pun menghantam kedua kendaraan. Pengemudi motor dan istirnya tewas di lokasi kejadian. (Vra/Yus)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini