Sukses

Cegah Antraks, Ratusan Hewan Kurban Diperiksa Jelang Iduladha

Menjelang Iduladha, Dinas Peternakan dan Perikanan Magelang, Jawa Tengah memeriksa hewan yang dijualbelikan di pasar hewan Muntilan.

Liputan6.com, Magelang - Menjelang Hari Raya Iduladha, Dinas Peternakan dan Perikanan Kabupaten Magelang, Jawa Tengah memeriksa hewan yang diperdagangkan di Pasar Hewan Muntilan. Selain untuk mengetahui ciri fisik hewan yang akan ditawarkan, petugas juga memeriksa kelayakan gigi hewan kurban.

Setelah diperiksa, baik sapi maupun kambing yang dinilai layak untuk dipasarkan, seperti ditayangkan Liputan 6 Siang SCTV, Sabtu (19/8/2015), diberi tanda pengenal untuk memudahkan pembeli dalam memilih hewan kurban.

Dinas Kesehatan dan Perikanan Magelang menerjunkan tim untuk memeriksa kesehatan hewan kurban di 21 kecamatan. Di Brebes, Jawa Tengah, sejumlah petugas Dinas Peternakan Kabupaten Brebes mendatagi sejumlah kandang milik para peternak sapi.

Hewan-hewan kurban ini diperiksa secara teliti oleh petugas meliputi hidung, telinga, dan mata.

Pemeriksaan ini untuk mengetahui apakah hewan kurban aman dari penyakit antraks yang sangat membahayakan kesehatan. Setelah diperiksa dan dianggap layak, Dinas Peternakan mengeluarkan surat keterangan kesehatan hewan. (Mar/Mvi)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.