Sukses

Kabut Asap dan Kekeringan, Warga Pagaralam Gelar Salat Istisqa

Tercatat masih ada 30 titik api di Provinsi Sumatera Selatan, berdasarkan situs Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan.

Liputan6.com, Palembang - Kabut asap masih terus menyelimuti Provinsi Sumatera Selatan. Dari pantauan satelit terra di situs Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan, hingga Senin 21 September, tercatat masih ada 30 titik api di provinsi ini. Meski sejumlah upaya pemadaman telah dilakukan, termasuk mengerahkan 2 helikopter milik BPBD Sumsel.

Seperti ditayangkan Liputan 6 Siang SCTV, Selasa (22/9/2105), di Kota Pagaralam, selain asap, kekeringan yang melanda membuat sekitar 5.000 warga berkumpul di alun-alun kota. Mereka melaksanakan salat istisqa dan doa bersama untuk meminta hujan.

Sementara itu meski menyadari masih berbahayanya udara di Kota Pagaralam akibat kabut asap, tidak membuat warga serta merta melindungi diri dengan menggunakan masker ketika beraktivitas di luar ruangan.

Demi meningkatkan kesadaran masyarakat, Dinas kesehatan tidak henti hentinya menyerukan penggunaan masker. Salah satunya tindakan nyata Dinas Kesehatan adalah dengan membagikan masker gratis kepada para pengendara.

Sejauh ini akibat kabut asap, puluhan ribu warga Sumatera Selatan telah menderita infeksi saluran pernapasan akut. (Dan/Mut)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini