Sukses

23 Jadwal Penerbangan Kacau Akibat Kabut Asap di Kalimantan

Otoritas Bandara merekomendasikan untuk tidak dilakukan penerbangan maupun pendaratan.

Liputan6.com, Kalimantan Timur - Kabut asap pekat masih menyelimuti Bandara Kalimaru, Kecamatan Teluk Bayur, Berau, Kalimantan Timur. Kondisi kabut ini sudah berlangsung selama 3 pekan. Akibat kabut asap  jarak pandang runway menjadi sempit, yaitu hanya sekitar 2.000 meter.

"Untuk jarak minimum landing pada runway 01 sesuai dengan flight rule-nya 3.400 meter dari runway 1 dan 4.500 meter dari runway 19," kata Kasubag Tata Usaha Bandara Kalimarau Martono, seperti ditayangkan Liputan 6 Pagi SCTV, Rabu (23/9/2015).

Karena berbahaya, otoritas bandara merekomendasikan untuk tidak dilakukan penerbangan maupun pendaratan. Dampaknya sebanyak 23 jadwal penerbangan pun menjadi kacau balau.

Suasana berbeda  terlihat di Bandara Temindung, Samarinda, Kalimantan Timur. Sepanjang siang kemarin kabut asap mulai menipis. Sejumlah maskapai penerbangan pun sudah mulai aktif beroperasi.

Namun tidak demikian dengan para penumpangnya. Para penumpang yang memanfaatkan jasa penerbangan di bandara ini justru terlihat berkurang. Diduga  mereka lebih memilih jalur darat karena kuatir terjadi pembatalan keberangkatan. (Mar/Ado)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini