Sukses

Indahnya Seni Batik di Atas Kaca dan Batik Karikatur

Diakuinya batik sebagai warisan budaya Indonesia membuat kreatifitas motif batik terus berkembang.

Liputan6.com, Tulungagung - Diakuinya batik sebagai warisan budaya Indonesia membuat kreatifitas motif batik terus berkembang.

Kini batik bisa menggunakan motif atau media apapun, diantaranya adalah batik karikatur di Solo, Jawa Tengah, serta seni batik kaca dari Tulungagung, Jawa Timur.

Seperti ditayangkan Liputan 6 Pagi SCTV, Sabtu (3/10/2015), dengan penuh ketelitian, Maryoko melukis batik sesuai motif yang telah ia rancang. Tapi bukan batik sembarang batik. Karena media yang digunakan oleh seniman asal Desa Ketanon, Kecamatan Kedungwaru, Tulungagung bukanlah kain seperti batik yang biasa kita temui.

Ya, Maryoko menggunakan media kaca untuk melukis batik. Ia memang memiliki ide untuk mengekspresikan jiwa seni dengan media berbeda.

Dan tengoklah hasil karya Maryoko. Mulai piring, gelas, hingga cermin, semua menjadi lebih indah dengan sentuhan seni batik. Harganya bervariasi mulai Rp 20 ribu hingga jutaan rupiah.

Lain lagi batik yang dikreasikan Markus. Warga Kampung Batik Laweyan, Solo ini memproduksi kerajinan batik dengan motif karikatur.

Ide awal munculnya batik motif karikatur dari keinginan Markus agar batik diterima kawula muda.

Mulai dari tokoh nasional hingga foto pribadi, bisa disulap menjadi karikatur batik. Hasilnya, batik kreasi Markus mampu bersaing di pasaran dalam negeri, seperti Semarang dan Jakarta. (Nda/Ron)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini