Sukses

Kebakaran Hutan di Gunung Merbabu dan Gunung Geulis

Kebakaran hutan di lahan yang kering terjadi di Gunung Merbabu dan Gunung Geulis.

Liputan6.com, Boyolali - Kobaran api disertai kepulan asap masih mengganas di kawasan Taman Nasional Gunung Merbabu, Boyolali, Jawa Tengah. Melalui gambar yang diambil petugas di wilayah Ampel Senin 5 Oktober 2015 siang, api yang membakar kawasan konservasi ini terus meluas.

Seperti ditayangkan Liputan 6 Malam SCTV, Selasa (6/10/2015), api yang membakar hingga mendekati perbatasan dengan Kabupaten Semarang. Apalagi angin bertiup kencang sehingga memudahkan api melahap hutan belukar yang kering karena kemarau panjang.

Sudah sepekan lebih hutan taman nasional ini terbakar. Namun upaya pemadaman yang dilakukan tim gabungan juga tidak mudah. Selain kontur kawasan yang banyak jurang juga karena sumber air yang terbatas.

Kebakaran juga menghanguskan kawasan hutan di Gunung Geulis yang berlokasi di Desa Jatiroke, Kabupaten Sumedang, Jawa Barat. Dari kepulan asap yang menyebar ke berbagai wilayah, terdapat belasan titik api yang membakar pohon dan belukar kering akibat kemarau panjang.

Untuk mempersempit kawasan yang terbakar, belasan anggota Koramil Jatinangor dibantu warga berupaya memadamkan api dengan alat seadanya. Upaya pemadaman juga tidak mudah.

Tiupan angin yang cukup kencang membuat api merembet ke pohon dan belukar yang ada di sekitarnya. Dikhawatirkan api bisa merembet ke permukiman penduduk karena jaraknya cukup dekat. (Vra/Ron)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini