Sukses

Sekolah Ini Bekali Muridnya Cara Hadapi Penjahat

Materi cara membela diri ini diharapkan bisa membuat anak lebih waspada dan mampu mencegah aksi kejahatan terhadap anak.

Liputan6.com, Jakarta Siswa kelas 1 SDN Jember Lor 3, Jember, Jawa Timur, tampak diseret gurunya. Si anak melawan hingga menjerit. Ibu guru rupanya sedang mengajarkan anak didiknya cara melawan penjahat yang hendak menculik.

Seperti ditayangkan Liputan 6 Pagi SCTV, Rabu (7/10/2015), sejak maraknya aksi kekerasan terhadap anak, mata pelajaran cara melawan penjahat rutin digelar di sekolah ini.

Cara ini rupanya efektif. Anak langsung mengerti dan diharapkan bisa mempraktikkannya. "Caranya (lawan penjahat) digigit, dicubit," ucap salah seorang siswa.

"Itu salah satu cara untuk mengantipasi supaya penjahat tidak seenaknya sendiri, bawa anaknya tanpa izin dengan pihak sekolah," ucap salah seorang guru.

Materi cara membela diri ini diharapkan bisa membuat anak lebih waspada dan mampu mencegah aksi kejahatan yang mungkin saja terjadi pada mereka. Mulai dari berteriak hingga mengigit si penjahat diajakarkan pihak sekolah.

Para orangtua dan guru semakin khawatir akan keselamatan anak-anak mereka. Terlebih saat F siswi kelas 2 SDN 05 Kalideres, Jakarta Barat ditemukan tewas terbungkus kardus sepulang sekolah. (Vra/Mut)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.