Sukses

Sosok Minggu Ini: Fairizal Ilyas, Pembangun Kesejahteraan Petani

Situasi penuh keterbatasan bagi para petani ini selalu jadi perhatian Fairizal Ilyas.

Liputan6.com, Sumatera Barat - Sebagian besar warga di sekitar Kota Payakumbuh, Sumatra Barat, hidup sebagai petani. Namun pada umumnya para petani di desa-desa itu sulit hidup layak.

Situasi penuh keterbatasan bagi para petani ini selalu jadi perhatian Fairizal Ilyas. Pria yang lahir di Payakumbuh ini merasa ada cara yang bisa dilakukan untuk memajukan dan meningkatkan taraf hidup para petani setempat.

Di mata Fairizal, salah satu masalah utama adalah keterbatasan pengetahuan. Para petani terbiasa menggunakan cara-cara lama yang mereka ketahui secara turun temurun. Anjuran untuk mengubah cara bertani umumnya sulit diterima.

Fairizal, lulusan Jurusan Antropologi Universitas Andalas, Kota Padang, Sumatera Barat, mulai belajar cara-cara bertani dan mengolah lahan secara otodidak.

Putra petani sederhana ini akhirnya tahu cara mengolah lahan pertanian dengan lebih tepat.

Walau punya keyakinan kuat, Fairizal tetap harus lebih dahulu memberi bukti. Awalnya, Fairizal dibantu 24 petani kelompok tani Baliak Mayang yang dibentuknya, mengubah 12 hektare rawa di Kelurahan Padang Alai, yang biasanya tidak bisa ditanami, menjadi lahan subur dan produktif dalam waktu setahun.

Sekarang, 7 tahun sudah Fairizal Ilyas bersama kelompok tani Baliak Mayang berkiprah di Payakumbuh. Anggota dan mitra Baliak Mayang telah tumbuh jadi 350-an petani.

Para petani setempat sekarang telah terbiasa bertanam beragam jenis sayuran, bukan hanya padi. Hasilnya, sejauh ini selalu melimpah.

Farizal tidak berhenti hanya pada mendorong para petani menerapkan cara bertanam terbaik. Ia juga mengatur agar hasil produksi para petani bisa ditampung dan diserap pasar dengan mudah.

Sepak terjang Fairizal Ilyas dan keberhasilan kelompok tani Baliak Mayang akhirnya terdengar luas. Para petani di sekitar Payakumbuh mulai meniru cara kerja Baliak Mayang.

Kelompok tani Baliak Mayang terus tumbuh. Fairizal Ilyas yang kini berusia 43 tahun siap terus berinovasi.

Dia berharap, para petani di tempat-tempat lain juga membekali diri dengan pengetahuan, hingga bisa memberdayakan lahan yang ada sebaik mungkin.

Saksikan bagaimana Fairizal Ilyas membangun kesejahteraan para petani di Payakumbuh, Sumatera Barat dalam Sosok Minggu Ini yang ditayangkan Liputan 6 Siang SCTV, Minggu (11/10/2015), di bawah ini. (Nda/Ali)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini