Sukses

Pesawat Australia dan Malaysia Bantu Padamkan Api di Sumatera

Pesawat Thor atau tanker air lockheed L 100 milik Australia hari ini kembali melakukan pemadaman api kebakaran lahan di Sumatera Selatan.

Liputan6.com, Palembang - Pesawat Thor atau tanker air lockheed L 100 milik Australia kembali melakukan pemadaman lahan di sejumlah kawasan di Sumatera Selatan pada hari ini.

Seperti ditayangkan Liputan 6 Siang SCTV, Jumat (16/10/2015), untuk mempercepat proses pemadaman pesawat Thor yang hanya dipinjamkan selama 7 hari hingga 20 Oktober 2015, pengisian air dilakukan di Bandara Sultan Mahmud Badarudin II Palembang, Sumatera Selatan yang disiapkan petugas.

Pesawat ini mampu mengangkut air hingga 15 ton. Sejak pertama kali diterjunkan, sebanyak 200 ton air sudah diangkut Thor untuk membasahi lahan yang terbakar.

"Sudah 5 kali (terbang). 2 kali lagi hari ini dan penuh untuk besok pagi," ucap Staf Kedutaan Besar Australia Derryl Henderson.

Pesawat bombardir milik Malaysia juga masih dioperasikan hingga hari ini. Masa tugas pesawat ini sebenarnya berakhir hari ini, namun diharapkan diperpanjang hingga 20 Oktober 2015.

Pesawat akan digunakan untuk pemadaman lahan yang masih terbakar di Sumatera Selatan khususnya di Kabupaten Ogan Komering Ilir. Kehadiran pesawat bantuan dari negara sahabat sangat membantu mengurangi titik api.

Sejauh ini, kehadiran pesawat bantuan asing membantu mengurangi jumlah titik api. Tetapi titik api bisa kembali berkobar mengingat api di lahan gambut sulit untuk dipadamkan. Kualitas udara juga masih menunjukkan sangat tidak sehat. (Vra/Mvi)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.