Sukses

Laga Final Piala Presiden 2015, Jakarta Siaga 1

Polisi menyatakan penjagaan ketat diberlakukan mulai saat ini hingga besok saat laga final Piala Presiden Persib Vs Sriwijaya FC.

Liputan6.com, Jakarta - Pasca-pelemparan terhadap sejumlah bus asal Bandung di ruas Tol Dalam Kota Jakarta, ribuan kendaraan kembali melintas di kilometer 2 atau di ruas  Cawang menuju Pancoran sekitar Carrefour MT Haryono, Jakarta Timur.

Untuk mengantisipasi aksi pelemparan terhadap bus berulang, seperti ditayangkan Liputan Siang SCTV, Sabtu (17/10/2015), sejumlah polisi berjaga-jaga di Jalan Arteri tepat di lokasi pelemparan yang terjadi  Sabtu dinihari tadi.

Polisi menyatakan, penjagaan ketat tetap diberlakukan mulai saat ini hingga besok saat laga final Piala Presiden antara Persib Bandung melawan Sriwijaya FC di Gelora Bung Karno, Jakarta Pusat.

Sementara itu, sebagian kendaraan korban perusakan sekelompok pemuda di ruas Jalan Tol Pancoran masih di Markas Polda Metro Jaya, termasuk 1 bus yang mengalami kerusakan cukup parah pada bagian kaca samping pengemudi. Bus rute Bandung menuju Bandara Soekarno Hatta ini masih harus melengkapi laporan kepolisian terkait aksi perusakan Sabtu dinihari tadi.

Akibat insiden itu seorang penumpang bus terluka akibat terkena pecahan kaca. Sebuah jeep juga jadi sasaran perusakan sekelompok orang di kawasan Senayan, Jakarta Pusat, dalam waktu yang bersamaan. Sekelompok orang tiba tiba menyerang 2 mobil dengan plat nomor polisi Bandung. Kini polisi masih terus menyelidiki motif perusakan ini.

Sabtu dinihari, 4 bus Antar Kota Antar Provinsi (AKAP) rusak dilempar sekelompok orang tidak dikenal di sepanjang jalan Tol Dalam Kota Pancoran, Jakarta Selatan. 2 Bus berpelat nomor polisi Bandung, pengemudi, dan penumpang bus menyatakan tiba-tiba saja bus mereka diserang puluhan pemuda berusia belasan dari arah luar tol yang melempari bus dengan batu-batu besar dan kayu.

Akibatnya puluhan penumpang bus sempat telantar sebelum dipindahkan ke bus lain karena awak bus melaporkan kejadian ini ke Mapolda Metro Jaya. Atas laporan pengemudi bus, polisi bertindak cepat dan langsung datang ke lokasi pelemparan bus. Sempat pula melepaskan sejumlah tembakan peringatan terhadap beberapa remaja yang masih berkumpul di pinggir jalan tol sekitar Carrefour di Jalan MT Haryono.

Polisi juga menghentikan arus lalu lintas selama 1 jam untuk memastikan jalan tol dalam kota aman dilintasi pengendara dan mengumpulkan barang bukti aksi pelemparan bus. Untuk penyelidikan lebih lanjut polisi sempat menyisir sejumlah titik di kilometer 2  tol dalam kota untuk mencari terduga pelaku pelemparan bus. Namun tidak satu pun orang ditangkap.

Pertandingan final dijadwalkan berlangsung Minggu 18 Oktober besok. Untuk mengantisipasi potensi tawuran antarsuporter, Polresta Bekasi mengamankan sejumlah titik di Jalan Tol Jakarta Cikampek yang akan jadi lalu lintas pendukungPersib Bandung. (Mar/Ron)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.