Sukses

Tradisi Ngopi Sepuluh di Banyuwangi

Tradisi yang disebut Ngopi Sepuluh ini juga menyajikan kopi yang diolah secara modern oleh anak muda Kemiren.

Liputan6.com, Banyuwangi - Setiap bulan Suro dalam penanggalan Jawa, Desa Kemiren, Banyuwangi, Jawa Timur berubah menjadi pasar malam. Jalan di sepanjang desa itu dipenuhi oleh warga yang ingin menyaksikan pasar dadakan tersebut.

Seperti ditayangkan Liputan 6 Pagi SCTV, Kamis (22/10/2015), warga yang datang berasal dari berbagai daerah di Jawa Timur hanya untuk menikmati secangkir kopi yang disajikan warga setempat.

Menemani hangatnya, kopi hidangan beragam jajanan tradisional seperti gorengansingkong juga tersaji. Semuanya bisa dinikmati secara gratis. Tradisi yang disebut Ngopi Sepuluh ini juga menyajikan kopi yang diolah secara modern oleh anak muda Kemiren.

Keramahan seperti ini merupakan tradisi warga Osing menghormati tamu yang datang sekaligus untuk menumbuhkan persaudaraan. Acara yang digelar setiap tahun ini berlangsung hingga dini hari. (Vra/Bob)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini