Sukses

Api Kebakaran Lahan Gambut Turut Lahap Rumah Warga

Beberapa rumah warga yang berada di areal lahan yang terbakar juga terancam ludes dilahap si jago merah.

Liputan6.com, Samarinda - Kobaran api cepat membesar dan menghanguskan 1 rumah warga di Jalan Pelita V, Kecamatan Sambutan, Samarinda, Kalimantan Timur.

Seperti ditayangkan Liputan 6 Malam SCTV, Kamis (22/10/2015), tiupan angin yang kencang serta bangunan yang terbuat dari kayu membuat seluruh bangunan itu langsung ludes dilalap api.

Terbakarnya rumah warga ini akibat dari kebakaran lahan gambut. Beberapa rumah warga yang berada di areal lahan yang terbakar juga terancam.

Petugas pemadam kebakaran dan relawan sempat kesulitan memadamkan api karena luas lahan yang terbakar dan minimnya sumber air di sekitar lokasi.

Kebakaran lahan gambut di Kecamatan Sambutan sudah berlangsung hampir 1 bulan dan sudah menghanguskan ratusan hektare lahan termasuk perkebunan milik warga.

Sementara itu, sepekan terakhir langit Kota Ambon, Maluku diselimuti kabut asap pekat. Kabut asap ini berasal dari daerah lain yang hutan dan lahannya terbakar.

Pekatnya kabut asap membuat Pemerintah Kota Ambon menginstruksikan seluruh puskesmas untuk membagikan masker kepada warga, meski sebagian warga mengaku belum mengalami gangguan atau dampak dari kabut asap.

Kabut asap ini merupakan kiriman kebakaran hutan yang terjadi di beberapa wilayah seperti di Seram Utara, Seram bagian Timur, Maluku, serta sebagian dari Papua. (Vra/Ali)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini