Sukses

Alat Pemurni Udara dari Botol Bekas Dapat Bantu Darurat Asap

Sistem kerja alat ini menyaring atau membuat udara yang terkontaminasi asap dengan air.

Liputan6.com, Klaten - Alat pemurni udara hasil karya Joko Istiyanto, salah seorang warga di Klaten, Jawa Tengah, dengan memanfaatkan botol bekas air mineral, selang kecil dan airator, udara bersih bisa didapat di tengah di lingkungan yang tercemar karena asap.

Seperti ditayangkan Liputan 6 Malam SCTV, Senin (26/10/2015), sistem kerja alat ini menyaring atau membuat udara yang terkontaminasi asap dengan air, sehingga kualitas udara menjadi lebih baik.

Bagaimana cara membuatnya? Anda cukup menyiapkan dua botol bekas air mineral, selang kecil, lem, gunting dan airator.

Meski sederhana, alat ini terbukti dapat memurnikan udara dari tabung yang sudah diisi dengan asap. Air di dalam botol yang semula jernih berubah menjadi keruh akibat menyaring asap yang ada di dalam tabung.

Sementara itu di Pekanbaru, Riau,  oksigen rumah singgah sempat lumpuh selama enam jam menyusul habisnya stok.

Rumah singgah yang dikunjungi ratusan warga setiap hari itu menjadi andalan warga korban asap agar bisa menikmati udara murni meski hanya dalam tempo terbatas. Selama bencana kabut asap, keberadaan oksigen di Riau menjadi sulit dicari seiring dengan tingginya permintaan.

Selain menggalang rumah singgah, Pemerintah Riau juga sudah menyediakan tempat evakuasi bagi korban asap. (Dan/Ali)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini