Sukses

Pemerintah Indonesia Gandeng Google Kembangkan IT Tanah Air

Google akan meluncurkan proyek uji coba jaringan internet wifi yang diberi nama Project Loon.

Liputan6.com, Jakarta - Pemerintah Indonesia akan bekerjasama dengan perusahaan IT dunia asal Amerika Serikat Google, untuk mengembangkan teknologi internet yang cocok bagi negara kepulauan seperti Indonesia.

Seperti ditayangkan Liputan 6 Pagi SCTV, Jumat (30/10/2015), meski tanpa kehadiran Presiden Joko Widodo yang harus kembali ke Tanah Air akibat kebakaran hutan, pertemuan Menteri Kominfo Rudiantara ke perusahaan-perusahaan IT kelas dunia di Silicon Valley, San Franciso, Amerika Serikat tetap berjalan. Mulai dari Apple, Facebook, hingga Google.

Tahun depan, Google akan meluncurkan proyek uji coba jaringan internet wifi yang diberi nama Project Loon atau Balon Internet di Indonesia, yang akan diterbangkan setinggi 32 km.

Balon Internet ini sangat cocok untuk negara kepulauan di Indonesia, sehingga masyarakat yang tinggal di daerah terpencil nantinya juga akan menikmati layanan internet sekelas 3G.

Pemerintah Indonesia menargetkan pada tahun 2020 bisnis e-commerce di Tanah Air mampu mencapai 130 miliar USD, dengan dibentuknya ekosistem yang menghasilkan 1.000 teknopreneur. (Nda/Ron)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.