Sukses

Mahasiswa Asal Magelang Ini Melukis dari Bara Api

Melukis dengan bara api lebih efisien karena tidak harus membeli cat.

Liputan6.com, Magelang - Yuli Prasetyawan atau Wawan Geni memiliki cara tersendiri untuk melukis. Mahasiswa yang tinggal di Desa Wanurejo, Kecamatan Borobudur, Magelang, Jawa Tengah ini melukis dengan menggunakan bara api.

Seperti ditayangkan Liputan 6 Petang SCTV, Minggu (1/11/2015), bara dari obat nyamuk bakar lalu ditorehkan di kain kanvas meninggalkan garis noda bakar yang unik dan bergradasi. Melukis dengan bara api lebih efisien karena tidak harus membeli cat.

Kegemaran melukis dengan bara api dilakukan Wawan sejak 2003 silam. Untuk menyelesaikan 1 lukisan, Wawan butuh waktu 3 hingga 4 minggu lamanya.

"Bukan hal yang mudah, kebetulan juga waktu itu saya menemukannya iseng-iseng, suka main-main api terus melihat di kertas kok menimbulkan pembakaran yang menarik. Baru tahun 2003 mencoba hal tersebut, melukis dengan teknik bakar," ucap Wawan.

Lukisan Wawan sudah terjual hingga ke mancanegara. Harga lukisannya berkisar dari Rp 15 juta hingga Rp 20 juta tergantung dari tingkat kesulitan dan keunikan lukisan. Lukisan-lukisan Wawan kini dipajang di Galeri Limanjawi bersama lukisan sejumlah seniman lainnya. (Vra/Ado)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini