Sukses

Melihat Keindahan Festival Layang-layang Nusantara di Tegal

Layang-layang tersebut diterbangkan oleh puluhan warga dari berbagai daerah di Jawa.

Liputan6.com, Tegal - Pantai Alam Indah hari Minggu kemarin tampil semarak dengan aneka rupa layang-layang yang terbang menghiasi langitnya. Layang-layang tersebut diterbangkan oleh puluhan warga dari berbagai daerah di Jawa Tengah, Jawa Timur, maupun Jawa Barat.

Mereka khusus datang ke pantai yang terletak di Kota Tegal itu untuk mengikuti Festival Layang-Layang Nusantara.

Seperti ditayangkan Liputan 6 Pagi SCTV, Senin (2/11/2015), aneka rupa layang-layang menghiasi langit Pantai Alam Indah, Tegal, Jawa Tengah.

Tidak sekedar adu keindahan desain dan warna, puluhan layang-layang ini juga beradu untuk memperebutkan tempat pertama atau juara pada Festival Layang-layang Nusantara yang digelar Pemerintah Kota Tegal.

Menampilkan kreasi masing-masing, para peserta yang datang dari berbagai daerah antara lain Yogyakarta, Bandung, dan Ponorogo ini menerbangkan layang-layang dengan bentuk naga, ular kobra, belalang, dan burung api.

Tidak mudah untuk menerbangkan layang-layang berukuran raksasa ini. Salah satu peserta nyaris gagal lantaran tersangkut di pohon.

Sebagian peserta mengatakan lokasi lomba kurang mendukung. Aspek lokasi boleh jadi kurang dipertimbangkan, karena pihak panitia memiliki agenda lain yang menjadi dasar diselenggarakannya festival.

Terbang megah di udara, layang-layang ini akan dinilai dari segi kestabilan saat diterbangkan, di samping tentunya keindahan bentuk dan warnanya.

Dan yang keluar sebagai juara adalah layang-layang naga kembar dari Ponorogo. (Nda/Ans)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.