Sukses

Kabut Asap Pekat Masih Gelayuti Langit Palembang dan Jambi

Meski sempat hilang, kabut asap masih menyelimuti Kota Palembang, Sumatera Selatan dan Jambi.

Liputan6.com, Palembang - Warga Kota Palembang, Sumatera Selatan hanya hari Senin 2 November 2015 bisa menikmati cuaca cerah tanpa kabut asap.

Seperti ditayangkan Liputan 6 Malam SCTV, Selasa (3/11/2015), sepanjang hari ini, udara di Kota Palembang kembali diselimuti kabut asap yang cukup pekat.

Padahal 3 hari lalu guyuran hujan sempat memberi harapan agar kabut asap akan segera berkurang. Jarak pandang pada pagi hari sempat mencapai 100 meter sedangkan Indeks Standar Pencemaran Udara (ISPU) berada pada level berbahaya.

Kondisi yang sama juga berlangsung di Jambi. Meski sempat menghilang selama 3 hari, namun sepanjang hari ini kabut asap kembali memenuhi Kota Jambi.

Jika Senin kemarin jarak pandang sempat mencapai 8 km, pada pagi hingga siang tadi, jarak pandang tinggal 1.300 meter. Akibatnya, pengelola Bandara Sultan Thaha sempat menunda 3 maskapai yang hendak mendarat pada pagi dan siang hari.

Hal itu disebabkan jarak pandang untuk kelayakan pendaratan pesawat minimal 3.500 meter. Sejumlah calon penumpang yang sudah datang sejak pagi pun kecewa karena harus menunggu keberangkatan tanpa ada kepastian waktu.

Sementara itu di tengah upaya pemadaman kebakaran lahan secara maksimal, hutan lindung Koba di Bangka Tengah, Bangka Belitung malah ikut-ikutan terbakar.

Kebakaran yang terjadi siang tadi dengan cepat merembet karena tiupan angin dan semak belukar yang sudah mengering. Petugas juga kesulitan memadamkan api karena lokasi kebakaran jauh dari jangkauan mobil pemadam kebakaran yang dikerahkan. (Vra/Ans)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini